Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memandang Providensia Allah Sebagai Surga di Bumi

Memandang Providensia Allah Sebagai Surga di Bumi

“karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya” Filipi 2:13 

Bukan kekayaan berlimpah ruah, tetapi pemeliharaan Ilahi yang menjaga anda dari pukulan yang menghancurkan. Providensia Allah di sekeliling kita merupakan dasar yang kokoh dari semua kekayaan yang kudus dan menetap. Providensia-Nya menggenggam dengan lengan kekal-Nya siapapun yang menyandang gambar-Nya. 

Ia akan mengangkat dan menjamin anda lebih baik daripada yang dapat dilakukan oleh status bangsawan maupun kemakmuran. Kegembiraan dan kesenangan yang diakibatkan oleh pengawasan providensia Ilahi sangatlah besar. Tidak diragukan bahwa ini akan menjadi bagian dari perjamuan kita di surga, melihat dengan bahagia bagaimana rancangan dan metode dibentangkan untuk membawa kita ke sana. 

Providensia tidak hanya membawa anda ke surga, sebaliknya membawa surga kepada jiwa anda sekarang. Allah dengan providensia-Nya mengemudikan segala sesuatu menuju pelabuhan kemuliaan-Nya dan kebahagiaan umat-Nya, sedangkan seluruh dunia disibukkan dengan pengaturan pelayaran dan penarikan kapal dengan rancangan dan sasaran yang begitu berlawanan. Mereka melaksanakan rancangan Allah dengan cara melawan-Nya, memenuhi kehendak-Nya dengan cara menentang-Nya, dan memperluas gereja-Nya dengan cara mencerai-beraikannya. Mereka membuat perhentian orang kudus menjadi lebih indah karena kondisi mereka yang dibuat begitu resah di dunia. Alangkah indah sejarah yang dapat kita kumpulkan tatkala kita melihat jejak-jejak kaki sang Providensia di sepanjang jalan. 

Di sini ada pencegahan, dan di sana terjadi kelepasan. Di sini ada pengarahan, dan di sana ada perbaikan. Di sini menyesakkan, dan di sana pembebasan. Di sini racun, dan di sana penawar racun. Providensia Allah menghalau awan mendung. Orang ini mendapat kesusahan, dan orang itu dipromosikan. Di sini ada kebutuhan, dan di sana ada penyediaan. 

Kata-kata tidak mampu mengekspresikan kebahagiaan yang akan kita temukan di dalam pengaturan sedemikian. Wahai pembaca, alangkah menyenangkannya hidup yang anda jalani dengan memperhatikan cara providensia mengaturnya bagi anda! Bukankah anda dapat memperoleh surga di bumi! Cicipi dan pandangilah kemuliaan dari pembelajaran tentang providensia Allah. 

Diterjemahkan dari buku “Voices From The Past” dengan cuplikan tulisan John Flavel (1627-1691),  Works, IV:336-342